Abstrak
Penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode IMPROVE. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional; 2) apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional; 3) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE; 4) bagaimana tanggapan guru terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas .... Pokok bahasan yang dijadikan materi bahan ajar adalah ... Indikator kemampuan berpikir kreatif yang diukur dalam penelitian ini meliputi: 1) kelancaran; 2) keluwesan; 3) keaslian; 4) elaborasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif siswa, angket siswa, lembar observasi, dan jurnal. Sedangkan bahan ajar yang digunakan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan analisis pada keseluruhan tahapan penelitian diperoleh bahwa: 1) kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode IMPROVE lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran secara konvensional. Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan metode IMPROVE sangat positif. Selain itu, pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, menumbuhkan sikap kreatif siswa, dan membuat siswa lebih berani mengemukakan pendapat/sanggahan dalam proses diskusi..
Kata Kunci: Pembelajaran, Berpikir Kreatif, Metode IMPROVE
No comments:
Post a Comment