ABSTRAK
Dalam kenyataannya, anak yang belajar dari anak-anak lain yang memiliki status dan umur yang sama, maka dia tidak akan merasa begitu terpaksa untuk menerima ide-ide dan sikap-sikap dari guru-gurunya tersebut. Sebab guru-gurunya, yaitu teman sebayanya itu, tidaklah begitu lebih bijaksana dan berpengalaman daripadanya. Anak relatif bebas bersikap dan berpikir, dan dengan perasaan ‘bebas’ yang dimiliki itu maka diharapkan anak dapat lebih aktif dalam berkomunikasi, sehingga dapat mempermudah mereka dalam memahami konsep/materi yang sedang diajarkan oleh guru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi keahlian Merakit Sistem Listrik Pesawat Udara di SMKN 12 Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 12 Bandung Tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 60 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini telah diujicobakan, yaitu berupa 25 butir soal obyektif dengan 5 pilihan dan satu jawaban benar serta angket. Eksperimen dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya. Hasil penelitian diperoleh nilai zhitung = 0,63 dan ztabel atau zkritis untuk taraf nyata 5% = 1,65, yang berarti bahwa sebagian besar (75%) siswa atau lebih sudah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan model pembelajaran tutor sebaya merupakan model pembelajaran yang efektif. Disarankan bagi guru agar dapat mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian ini, sehingga kesimpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.
No comments:
Post a Comment