ABSTRAK
Untuk menciptakan pembelajaran di kelas agar menarik dan memotivasi siswa dalam belajar dan meniliti bahan serta searah dengan perkembangan Information Technology (IT) maka dikembangkanlah Classroom Blog (Blog Kelas) sebagai media pelengkap pembelajaran pada mata pelajaran … Secara umum penelitian ini bertujuan mendapatkan suatu gambaran secara teoritis dan aplikatif mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis Classroom Blogging untuk siswa SMK. Adapun tujuan khususnya untuk; (1) mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran Classroom Blogging mencakup analisis kebutuhan, studi kelayakan, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi; (2) menjelaskan kelebihan, kekurangan dan kendala pengembangan media pembelajaran Classroom Blogging. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel penelitian … siswa pada SMK .... Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Classroom Blogging dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan siswa, dimana tingkat kebutuhan berada pada tingkat membutuhkan sebesar …%. Dari tahapan studi kelayakan diperoleh hasil bahwa pengembangan media pembelajaran Classroom Blogging layak untuk dilaksanakan, ditinjau dari aspek keterlaksanaan secara teknis, keuntungan secara ekonomis dan keberterimaan secara sosial. Selanjutnya pada tahap pengembangan dilakukan dengan cara modifikasi dan pengembangan fitur sesuai kebutuhan yang mencakup fitur kelengkapan belajar mengajar. Tahap pelaksanaan mencakup tahap sosialisasi, learning by CB dan monitoring. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa menilai baik, ini terlihat dari aktivitas belajar seperti posting materi, komentar dan diskusi serta penugasan yang dapat dilakukan dengan mudah setiap saat ketika online. Kelebihan utama dari media ini, mampu memfasilitasi pembelajaran menjadi lebih menarik dengan komunitas belajarnya pada blog kelas. Sedangkan kekurangannya high time excecution pada gambar/video saat diakses. Adapun kendala yang dihadapi seperti teknis di awal pengembangan media pembelajaran dan budaya belajar siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran ini terus untuk dikembangkan dari posting materi pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, classroom blogging, blog.
2 comments:
@ Iqbal: Kalau nanti dlm penyusunan laporan maupun instrumen tes-nya menemukan masalah,,contact aja des ya!!ntar des susun statistik-nya jg..
Buku referensinya pake buku apa ya kak ? Kebetulan saya pake media ini buat penelitian skripsi
Post a Comment